langkah2 instalasi windows xp sp 2

Disaat kita membeli PC/komputer baru,tentu saja PC itu tidak mempunyai system pada hardisk,maka dari itu kita harus menginstall system seperti windows xp,windows seven,maupun debian.dan masih banyak lagi.Dan itu tergantung untuk anda yang mau menginstall system apa.dari pada lama saya curhat,mending langsung saja gan ke TKP😀

1. Siapkan CD Master Microsoft Windows XP.

 

Dalam pembelian CD Windows XP ada dua pilihan, versi tray dan versi box, untuk versi tray hanya berbentuk cd dan buku manual saja, sedangkan untuk versi box ada boxnya.

–      Masuklah ke menu BIOS untuk mencari fasilitas boot pertama kali lewat CD/DVD ROM. Tergantung BIOS yang ada, bisa menekan tombol DEL /F1/F2/F10 berulang-ulang saat pertama kali komputer di hidupkan.

Sebagai contoh gambar BIOS ini adalah Award BIOS, pada gambar yang dilingkari ubahlah menjadi CD/DVD dengan menekan tombol + dan – . Jika sudah, simpan perubahan tersebut dengan menekan F10, dan pilih huruf  Y untuk menyimpan perubahan settingan kita.
dan inilah Proses booting akan mendeteksi CD/DVD dahulu, jika benar maka akan muncul proses instalasi Microsoft Windows seperti gambar dibawah ini.Jika ada perintah ‘PRESS ANY KEY TO BOOT FROM CD’, maka kita tekan sembarang tombol untuk memasuki proses instalasi Windows.

1. CD Windows XP akan dibaca, dan akan keluar keterangan yang membingungkan di bawahnya, itu  adalah indikasi bawah Windows sedang meload file-file tertentu untuk proses instalasi.

2. Jika Windows sudah selesai membaca file-file tersebut maka akan muncul tampilan “Welcome Setup“ berikut:

Ada 3 pilihan.
a. To set up Windows XP now, press ENTER
Maksudnya kita kita memulai melakukan instalasi Windows, maka cukup menekan tombol ENTER
b. To repair a Windows X installation using Recovery Console, press R
Maksudnya bahwa untuk recovery Windows jika terjadi masalah sistem tetapi ini jika kita sudah menginstall Windows terlebih dahulu
c. To quit Setup without installaion Windows XP, press F3
Tujuannya adalah membatalkan proses instalasi Windows.

3. Jika kita menekan ENTER maka kita akan menuju langkah selanjutnya yaitu persyaratan untuk tunduk pada Licensing Agreement, dan anda harus menjawabnya dengan menekan F8, jika tidak dijawab atau di tolak maka anda tidak akan dapat meneruskan proses instalasi, jika anda setuju terhadap persyaratan tersebut ( siapa pernah baca peraturan ? ) maka akan masuk tahap berikutnya.

4. Jika anda setuju sekarang saatnya masuk ke proses pemilihan partisi hardisk, seandainya hardisk tersebut masuk baru maka akan ada tampilan seperti ini

Maksudnya proses instalasi membaca adanya satu hardisk yang besarnya 19093 MB atau 20 GB, jika anda dah yakin sesuai keberadaan hardisk tersebut tekan enter saja, untuk melakukan proses formating hardisk, format hardisk adalah membentuk blok dan cluster di dalam kepingan hardisk.

5. Proses formating hardisk

Anda bisa memilih tipe partisi, bisa FAT atau NTFS(kalau anda mau lebih cepat pilih NTFS file system(QUICK). Jika pilihan sudah benar pilih salah satu dan tekan enter, maka instalasi akan meneruskan ke tahap selanjutnya.

Ini contoh proses formating sedang berlangsung.

6. Proses selanjutnya akan secara otomatis meload file-file windows untuk dicopy ke dalam hardisk.

Jika selesai tercopy saatnya booting ulang, alias restart dengan sendirinya.

Proses instalasi selanjutnya akan dimulai dengan munculnya logo Windows

7.setelah melewati gambar yang di atas maka akan lanjut pada gambar yang ada dibawah ini .

8.kita langsung saja kerja cepat tanpa basi –basi kita langsung klik NEXT .

9.disini kita memasukan nama anda dan organization anda.

10.masukanlah produk key xp nya,seperti contoh gambar dibawah ini .

11.jika mau bikin password,isi colom (administrator password).jika tidak ingin memakai password,langsung saja klik NEXT .

12.disitu pilih select zone keberadaan anda dimana.contoh dijakarta,kita pilih (bangkok,hanoi,jakarta).jika sudah kita klik NEXT .

13.pilihlah COSTUM SETTINGS , lalu klik NEXT

14.jika nama ‘WORKGROUP’ anda ingin ganti silakan,jika tidak ingin diganti langsung saja klik NEXT .

15.Dan inilah tampilan windows XP yang sudah terinstall.

(maaf ya untuk gambar yang dibawah ini saya copas dengan orang,soal nya gambar punya saya ke delete).

SELAMAT MENCOBA KAWAN😀

DAN SEMOGA BERHASIL😀

HAK CIPTA:

PETER JAYA